Memelihara kelinci menjadi salah satu hobi yang menarik dan tentunya bisa menambah kepekaan dan lainnya. Memiliki hewan peliharaan selain kelinci memang bisa dilakukan, namun dalam artikel ini akan dibahas mengenai kelinci. Lebih tepatnya adalah kelinci rex dan bagaimana cara memelihara kelinci rex yang wajib diketahui.

Memelihara kelinci memang bisa dibilang susah-susah gampang karena kelinci dianggap sangat rentan terhadap penyakit. Kelinci juga dikenal sebagai hewan lucu yang gambar mati karena cuaca atau serangan lainnya. Nah jika pembaca dirumah ini memelihara kelinci rex, berikut cara memelihara kelinci rex yang wajib diketahui.

1. Berikan Pakan Yang Berkualitas

Merawat hewan memang harus memberikan perawatan yang memadai dan tentunya yang nomer satu. Termasuk ketika memelihara kelinci rex yang memang dikenal lumayan rentan kesehatan yang lumayan lemah. Memilih pakan yang berkualitas dan baik akan menjaga imun kelinci rex dan memberikan ia kesempatan untuk hidup lebih lama.

Pastikan untuk memberikan pakan pagi dan sore secara teratur kepada kelinci rex peliharaan. Perlu diperhatikan dalam memberi pakan harus sayuran yang fresh dan bukan yang baru keluar dari kulkas. Jika ingin memberi makan rumput liar, pastikan untuk memberikan rumput yang tumbuh cukup akan sinar matahari dan tidak lembab.

2. Bersihkan Kandang Dengan Baik Dan Benar

Membersihkan kandanga\ menjadi point selanjutnya dalam merawat kelinci rex dan memang menjadi hal wajib dalam memelihara hewan. Pastikan untuk selalu membersihkan kandang kelinci dari sisa kotoran dan air kencingnya. Kuman akan mudah berkembang dan menebar virus jika kandang kotor dan kelinci akan lebih sensitive.

Bulu kelinci juga bisa lebih mudah rontok jika kuman menjangkitinya dan kandang dalam keadaan kotor. Kelinci rex ini dikenal memiliki bulu yang lebat dan kelebatannya ini jelas harus didukung dengan perawatan yang baik. Jadi bagi yang sudah siap untuk memelihara kelinci rex harus rajin membersihkan kandang nya ya!

3. Jangan Menaruh Kelinci Dalam Kandang Terlalu Lama

Pastikan untuk kelinci peliharaan pembaca semua untuk dibiarkan lepas liar di halaman rumah dan keluar dari kandang. Kandang yang sudah dibersihkan sekalipun tetap akan memberi kelembaban yang mengakibatkan kelinci tidak nyaman. Biarkan kelinci untuk terkena matahari langsung dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Kelinci gemar berlarian untuk menstimulasi hormone kesenangan yang mampu mempertahankan kesehatannya. Jadi, jangan pelit-pelit untuk mengeluarkan kelinci rex peliharaan keluar dari kandang ya. Ingat, tolong diperhatikan ya.

4. Rutin Sisir Bulu Kelinci

Kelinci rex yang memiliki bulu lebat memang membutuhkan perawatan ekstra termasuk untuk menyisirnya selalu. Bulu yang lebat seringkali menjadi sarang tungau atau kutu yang bisa mengganggu kesehatan kulitnya. Menyisir bulu-bulu kelinci rex akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi kelinci.

Tentunya dengan menyisir bulu-bulunya, bulu yang ada juga akan senantiasa lembut. Potonglah bulu yang sudah terlalu panjang atau gimbal jika memang diperlukan. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati ya!

5. Pastikan Kuku-Kuku Kelinci Terjaga

Tips lain untuk memelihara kelinci rex yang lucu dan memiliki bulu tebal adalah dengan memperhatikan kesehatan kuku-kukunya. Kuku yang terlalu panjang akan membuat kelinci menjadi kurang leluasa dan sewaktu-waktu mampu menyakitinya. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kuku kelinci rex dan memantau perkembangannya.

Kelinci rex ini memang dikenal sebagai kelinci yang doyan akan kebersihan dan memang lebih manja ketimbang kelinci jenis lain. Bagi yang tertarik untuk memiliki kelinci jenis ini harus bersabar dan telaten ya. Semua demi kesehatan kelinci rex peliharaan.

Nah diatas adalah tips cara memelihara kelinci rex yang wajib diketahui dan diperhatikan untuk pemilik kelinci rex dirumah. Kesehatan kandang, tubuh hingga konsumsi makanan sangat diatur dan diperhatikan loh. Jika sudah siap dan ingin sekali memelihara kelinci rex, maka siapkan budget dan segala keperluannya ya!