Bebek merupakan salah satu hewan unggas yang sering dijadikan hewan ternak oleh para peternak. Dagingnya yang banyak disukai hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia sendiri membuat ternak bebek menjadi salah satu ternak yang sangat menjanjikan. Bagi yang tertarik ingin ternak bebek, berikut ini adalah cara beternak bebek yang sangat mudah.

1. Menyiapkan Kandang

Cara beternak bebek yang sangat mudah yang harus dilakukan pertama kali adalah menyiapkan kandang untuk beternak bebek. Kandang yang bagus untuk beternak bebek merupakan kandang panggung. Dimana kandang tersebut menghadap ke timur yakni ke arah dimana matahari terbit.

Pada dasarnya, kandang untuk ternak bebek sendiri terbagi ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah kandang jenis DOD yakni kandang yang digunakan juga untuk anak ayam. Yang kedua adalah brower yakni kandang yang diperuntukkan untuk bebek remaja selama perawatan. Dan yang terakhir adalah layer yakni kandang yang digunakan khusus untuk bebek petelur.

Pemilihan jenis kandang sendiri bisa disesuaikan dengan bebek yang akan diternak. Selain itu buatlah kandang dari bahan yang berkualitas agar proses ternak bisa berjalan dengan lancar dan bebek bisa tumbuh sehat dan menghasilkan telur yang banyak.

2. Memilih Indukan

Setelah menyediakan kandang, cara beternak bebek yang selanjutnya adalah memilih indukan. Dalam memilih indukan sendiri pastikan berasal dari indukan yang berkualitas yakni dari telur yang dihasilkan oleh bebek petelur betina yang unggul. Selain itu, pastikan juga dalam pemilihan bebek jantan harus dari bebek jantan yang berkualitas unggul juga. Agar proses ternak bisa berjalan lancar dan menghasilkan telur yang banyak.

3. Proses Pengkawinan

Jika memilih ternak dari bebek yang siap untuk dikawinkan, maka pemilihan indukan baik jantan maupun betina harus yang berkualitas dan unggul. Hal tersebut agar telur yang dihasilkan tidak kalah unggul dari induknya serta bisa menghasilkan telur yang banyak. Dalam proses pengkawinan sendiri biarkan bebek jantan dan betina berada dalam satu kandang yang sama dan dilakukan pembuahan secara alami.

4. Memberikan Pakan Yang Bergizi

Selain ke tiga di atas, cara dalam beternak bebek yang selanjutnya adalah memberikan pakan yang bergizi pada bebek. Pemberian pakan yang bergizi guna untuk memenuhi kebutuhan gizi dari bebek itu sendiri. Dengan pemberian pakan yang bergizi, diharapkan bebek bisa tumbuh dengan sehat, mempunyai bobot yang besar, dan tentu menghasilkan telur yang banyak dan sehat. Maka dari itu, pemberian pakan yang bergizi sendiri harus diperhatikan dengan baik. Berilah bebek pakan yang bergizi secara rutin sehari dua kali. Pastikan juga pasokan air pun terpenuhi.

5. Memberikan Perawatan Yang Intensif

Dan cara beternak bebek yang terakhir adalah memberikan perawatan yang intensif pada bebek. Perawatan tersebut antara lain berikan bebek vaksin dan  vitamin secara rutin. Hal tersebut bisa membuat antibody bebek semakin kuat dan tahan terhadap berbagai macam penyakit. Jika antibody bebek kuat, maka bebek pun akan tumbuh dengan baik dan sehat. Bobotnya pun akan besar dan menghasilkan telur yang banyak.

Selain itu, pastikan juga perawatan pada kandang bebek senantiasa dibersihkan secara rutin. Selain mampu membuat bebek merasa nyaman, kandang yang bersih pun dapat membuat bebek jauh lebih sehat. Jadi, pastikan juga untuk merawat kebersihan kandang secara rutin. Agar bebek bisa tumbuh dan berkembang sehat.

Itulah cara beternak bebek yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh sendiri. Dengan melakukan cara-cara di atas maka proses ternak pun bisa tumbuh dengan baik dang menghasilkan bobot bebek yang besar serta telur yang banyak.